Mobil Listrik Di Indonesia

7 Mobil Listrik Di Indonesia

Reading Time: 4 minutes

Mobil listrik di Indonesia beberapa tahun ini pasar nya mulai tumbuh terutama setelah Pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM yang sedikit banyak mempengaruhi dunia otomotif Indonesia.  Dengan naiknya harga bahan bakar, pamor motor dan mobil listrik pun naik, dan dianggap sebagai solusi kendaraan yang hemat dan efisien.

Pasar mobil ramah lingkungan ini sudah ada, meskipun masih untuk kalangan tertentu saja karena harga beli kendaraan yang relatif lebih mahal dan belum menjadi pilihan utama untuk masyarakat.

Beberapa pilihan mobil listrik di Indonesia 

1. Lexus UX300e – Mobil Listrik Di Indonesia

Lexus turut meramaikan segmen mobil listrik Indonesia dengan menghadirkan Lexus UX300e pada 25 November 2022. Mobil ini hadir sebagai pengembangan dari Lexus seri UX yang sudah ada sebelumnya.

Spesifikasi mobil listrik berwujud SUV ini dilengkapi baterai lithium ion berkapasitas 54,3 kWh yang menjanjikan jarak tempuh sekitar 300 km. 

Lexus UX300e hadir menyasar konsumen dengan kantong tebal mengingat harganya yang di atas Rp1 miliar. Dalam hal penampilan Lexus UX300 memiliki desain eksterior edgy yang sudah menjadi ciri khas mobil-mobil dari brand mewah asal Jepang tersebut.

2. Hyundai Ioniq 5 – Mobil Listrik Di Indonesia

Hyundai Ioniq Electric hadir di Indonesia pada 6 November 2020. Kehadirannya boleh dibilang turut mengawali langkah PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai agen pemegang merek mobil Hyundai yang baru di Tanah Air.

Hyundai Ioniq Electric hadir dalam dua varian, yaitu Prime dan Signature. Perbedaan antara keduanya terdapat pada fitur-fiturnya.

Varian Signature sebagai opsi yang lebih tinggi dilengkapi lampu depan LED, smartphone wireless charger, heated and ventilated seat, Blindspot Collision Warning (BCW), dan Rear Cross Traffic Collision Warning.

Namun, untuk baterai dan motor listrik yang digunakan kedua varian sama saja. Mobil ini dilengkapi baterai lithium ion 38,3 kWh yang dapat digunakan untuk berkendara sekitar 373 km.

Dalam hal penampilan, Hyundai Ioniq Electric terbilang unik. Bodinya terlihat mirip seperti sedan, tapi dengan bagasi yang menyatu.

3. Nissan Leaf – Mobil Listrik Di Indonesia

Setelah beberapa kali dipamerkan ke hadapan publik, Nissan Leaf akhirnya mengaspal secara resmi di Indonesia pada 18 Juni 2022. PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menawarkannya dalam dua varian yang dibedakan dari warnanya, One Toned dan Two Toned.

Dari segi spesifikasi, Nissan Leaf dilengkapi baterai 40 kWh dan menjanjikan jarak tempuh sekitar 311 km. Dalam setiap pembelian mobil ini konsumen akan mendapatkan portable charger untuk memudahkan pengisian daya di mana saja.

Di samping itu pabrikan juga melengkapinya dengan home charger untuk dipasang di tempat tinggal konsumen.

Mobil ini hadir dalam wujud hatchback yang terlihat modern. Sementara itu interiornya pun cukup mewah dengan balutan bahan kulit. Untuk kapasitas kabin mobil ini memiliki konfigurasi bangku 5-seater.

Fitur unggulan mobil ini antara lain e-Pedal yang memungkinkan pengendara menambah atau mengurangi kecepatan kendaraan hanya lewat satu pedal. Fitur lain yang juga bisa ditemui adalah Hill Start Assist, Intelligent Around View Monitor, dan Forward Collision Warning.

4. Wuling Air EV – Mobil Listrik Di Indonesia

Dengan tingginya minat mobil listrik yang kini masuk di pasar otomotif di Indonesia, Wuling tidak ketinggalan untuk ikut merilis mobil terbarunya. Wuling Air ev pun diperkenalkan sebagai mobil listrik compact, dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dikelasnya.

Mobil ini dirilis dengan 2 tipe, yakni tipe standar harga 200 jutaan dan tipe long range dengan harga 300 jutaan. Mobil ini digerakkan dengan sumber daya menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate.

Kapasitas baterai sebesar 26.7 kWh / 115 V untuk tipe long range yang daya jelajah maksimalnya hingga 300 km. Sedangkan untuk tipe standar berkapasitas 17.3 kWh / 115 V dengan jarak tempuh maksimal 200 km.

5. Renault Twizy – Mobil Listrik Di Indonesia

Mobil terakhir di daftar mobil listrik yang dijual di Indonesia  yakni Renault Twizy. Mobil mungil ini cukup menarik perhatian karena desainnya yang sangat unik dan futuristis, bahkan menyerupai caddy golf.

Mobil ini dibangun dengan konsep yang simpel dan minimalis. Kapasitas tempat duduk 2 penumpang dengan konfigurasi 1+1. Di dashboardnya sendiri hanya disematkan econometer digital, dan tombol lampu hazard. Seperti mobil listrik lainnya, transmisi yang digunakan otomatis.

Dapur pacu mobil ini menggunakan sistem penggerak 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive. Sumber daya menggunakan baterai berkapasitas 6.1 kWh.

Untuk segi performa, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-45 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik. Sementara itu top speed mobil ini mampu berlari hingga 80 km/jam.

6. BMW iX – Mobil Listrik Di Indonesia

BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang berhasil memasarkan mobil listrik murni di Indonesia. Tahun 2022 ini, tren tersebut berlanjut dengan rilisan mobil listrik terbarunya yang hadir pertama kali di GIIAS 2022.

BMW iX adalah mobil listrik yang berkonsep sport activity vehicle. Bodi yang garang, namun tetap bergaya dan mewah ala mobil BMW. 

Dapur pacu mobil ini menggunakan sistem penggerak xDrive 40, dimana mobil listrik ini dijejali baterai Lithium-ion 76,6 kWh, yang sanggup menyemburkan daya 326 Tk dan torsi 630 Nm.

Untuk segi performa, BMW iX tak kalah dari mobil listrik lainnya. Dari pengetesan, iX  mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 6,1 detik, dan top speed yang mampu berlari hingga mencapai kecepatan 200 km per jam.

7. DFSK Gelora Electric – Mobil Listrik Di Indonesia

DFSK Gelora Electric resmi meluncur di Indonesia pada 16 April 2021 dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil ini hadir sebagai kendaraan listrik berbasis baterai untuk segmen komersial.

Tersedia dua varian yang terdiri dari minibus dan blind van. Spesifikasinya dilengkapi baterai lithium ion 42 kWh dengan jarak tempuh sekitar 300 km dalam sekali pengisian daya.

Kehadiran Gelora Electric menambah variasi mobil listrik Indonesia yang umumnya didominasi kendaraan pribadi. Keberadaannya cocok untuk digunakan sebagai armada fleet perusahaan-perusahaan logistik.

Walau begitu pabrikan juga terbuka untuk pemesanan yang datang dari kalangan konsumen individu. Terlebih lagi mobil ini juga tersedia dalam varian minibus yang bisa digunakan sebagai people carrier.

One response to “7 Mobil Listrik Di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *